Sejarah Pengetahuan Evolusi: Sejarah dari “Tetangga”

28.5.11

Tanaman tua terbanyak adalah lumut, pakis, dan kerabat mereka, yang muncul dalam catatan fosil sekitar 360 mya dan mendominasi pada Carboniferus dan Permian 355-250 mya. Pohon bervaskular dari tumbuhan yang hidup didominasi oleh lumut, ekor kuda, dan pakis. Pines muncul dalam catatan fosil 210 mya, sekitar waktu yang sama dengan dinosaurus, namun gymnosperma, kelompok yang dimiliki pinus, muncul di awal Carboniferous.


Mereka terpancar (radiasi) pada masa Triassic dan mendominasi dari pertengahan Triassic hingga Cretaceous (225-65 mya). Anggrek, seperti juga maple, adalah tanaman berbunga, angisperms. Magnoliophyta berasal dari komunitas tumbuhan Cretaceous awal dan mendominasi pada Tersier (65-0 mya). Filogeni dari biji tanaman didominasi oleh konifer dan keluarga mereka; pada skala itu, angiosperma adalah cabang kecil dimana monokotil (anggrek, rumput, telapak tangan, lili) adalah ranting tidak signifikan. Jadi Pteridophytes (pakis dan keluarga mereka), gymnosperma, angiosperma dan masing-masing memiliki karakteristik yang menonjol, (untuk menentukan), dari era utama yang berbeda dari sejarah Bumi (Niklas et al 1983).

Di antara hewan darat pada garis pantai Alaska, bentuk tertua adalah capung, yang dapat ditemukan sebagai fosil 300 mya. Katak muncul dalam catatan fosil 190 mya, loons 70 mya, herons dan kelinci 65 mya. Di bawah air yang kita lihat bentuk-bentuk yang jauh lebih tua, karena kehidupan berevolusi di laut. Ini juga membuat seri yang didominasi usia berturut-turut. Tidak banyak yang tersisa dari fauna dari Kambrium, yang ditandai dengan trilobita, moluska monoplacophoran, Brachiopoda (tidak mengeluarkan suara), dan beberapa kelas echinodermata, semua atau sebagian besar punah. Dari sebelum Kambrium kita masih bisa melihat spons dan coelenterates (650-550 mya). Fauna Paleozoic utamanya berasal di Ordovisium tersebut, dia mendominasi pada akhir Permian, dan telah meninggalkan beberapa bentuk yang masih hidup: cacing polychaete, bintang laut, crinoid, Brachiopoda (bersuara), nautiloids, dan ostracods (500-440 mya). Fauna Mesozoikum memiliki bentuk lebih akrab: kerang, siput, landak laut, kepiting, lobster, gurita, hiu, dan ikan bertulang belakang (230-65 mya). Ikan Teleost dan ikan paus berevolusi 65-40 mya. Kebanyakan bentuk yang mendominasi jaman-jaman saat itu  telah menghilang, tetapi ada beberapa yang selamat, yang merupakan karakteristik dari masyarakat kuno. Sebuah komunitas modern adalah mosaik dari bentuk jaman yang sangat berbeda.

Disusun oleh:  Gunarta & Nur Rohman Hadi. Pendidikan Biologi. PPs UM Malang.

Rujukan: Stearns, Stepen C & Hoekstra, Rolf F. 2003. Evolution an Introduction. New York: Oxford University Press.

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers